Dewan Fatwa Perhimpunan Al-irsyad Menjadi Harapan Kontribusi Umat

Portal-Islam.com : Umumnya, masyarakat Indonesia adalah awam terhadap perkara keagamaan. Hal ini bisa dilihat dari minimnya perhatian institusi pendidikan terhadap pelajaran agama Islam dari mulai sekolah dasar sampai dikebanyakan perguruan tinggi mendapatkan porsi yang sangat kurang sehingga yang terlahir adalah orang – orang awam yang agamanya mengikuti fatwa ulamanya yang tatkala mereka salah bertanya maka akan ada jawaban – jawaban yang mungkin kurang tepat. Hal inilah yang mendasari pentingnya fatwa yang akurat ditengah kecerobohan berbagai pihak dalam menerbitkan fatwa dan adanya oknum yang mengeluarkan fatwa prematur.

Untuk itu Al-irsyad sebagai organisasi masyarakat yang sudah berumur lebih dari satu abad memiliki peran strategis yang baik untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat muslimin indonesia melalui dewan fatwa. Sehingga harapannya mereka bisa beragama dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan agama Islam demikian dikatakan salah satu anggota dewan fatwa Al-Irsyad, DR. Syafiq Reza Basalamah, Lc. MA.

Dengan rapat ini,  Al-Irsyad membentuk dewan fatwa sebagai pelengkap dan tim yg memperkuat Majlis Fatwa DPP Perhimpunan Al-Irsyad agar fatwa-fatwa yg di keluarkan nantinya memiliki bobot ilmiah yang baik yang mereka ini terdiri dari berbagai latar disiplin ilmu agama yang mumpuni di bidangnya dan berasal dari berbagai daerah yang tersebar di Indonesia. Berikut susunan kepengurusan Dewan Fatwa Al-irsyad ;

Ketua merangkap anggota adalah DR. Firanda Andirja, Lc. MA (doktor bidang aqidah univ Islam Madinah)

Sekertaris merangkap anggota adalah Nizar Sa’ad Jabal, Lc. MA

Anggota :

DR. Muhammad Arifin Badri, Lc. MA (doktor bidang Fikih univ Islam Madinah)

DR. Sufyan Basewedan, Lc.MA (doktor bidang hadits univ Islam Madinah)

DR. Syafiq Reza Basalamah, Lc. MA (doktor bidang Dakwah Univ Islam Madinah)

DR. Muhamammad Nur Ihsan, Lc. MA  (doktor bidang aqidah univ Islam Madinah)

DR. Abdullah Roy Grafika, Lc. MA (doktor bidang aqidah univ Islam Madinah)

Nafi’ Zaenuddin, Lc. MA

Rencananya akan bergabung pula beberapa ulama nasional lainnya yang akan di umumkan pada pertemuan dalam waktu dekat berikutnya.

Demikian disampaikan pada acara penutupan rapat akbar dewan fatwa Al-irsyad pada hari Selasa, (18/7/17) bertempat digedung sekertariat DPP Perhimpunan Al-irsyad Jl. Kramat Raya Jakarta Pusat.

Sumber: gemaislam.com

Spread the love