Peristiwa 27 Ramadhan : Tenggelamnya Dinasti al-Murabithun Di Maroko

0
278

Peristiwa-Peristiwa Bersejarah di Bulan Ramadhan

27 Ramadhan tahun 539 Hijriyah

Tenggelamnya Dinasti al-Murabithun Di Maroko

Pada hari kedua puluh tujuh Ramadhan Tahun 539 Hijriyah adalah hari runtuhnya Dinasti al-Murabithun di Maroko dan berdirinya Dinasti al-Muwahhidun. Pada waktu itu pemimpin dinasti al-Murabithun, Tasyfin bin ‘Ali bin Yusuf bin Tasyfin terjatuh bersama kudanya dari tebing yang sangat tinggi, ia pun akhirnya terbunuh ketika melawan pasukan al-Muwahhidun yang dipimpin oleh ‘Abd al-Mukmin bin ‘Ali ditangan salah satu prajuritnya, kejadian itu terjadi setelah peperangan antara dua kelompok berakhir. [al-Wafi bi al-Wafayat, Jilid 10, hlm. 232].

Pelajaran penting yang harus kita pahami dari sejarah Dinasti al-Murabithun ini adalah: Tujuan dari ditegakkan negeri islam yang kuat itu tidak akan pernah berhasil kecuali dengan generasi yang beriman, yang komitmen dengan syari’at Islam dan generasi yang terdidik ditangan para ulama yang jujur.

Pelajaran penting lainnya adalah bahwa kemewahan hidup, kerusakan dan berbagai macam penyimpangan dari hukum Allah Ta’ala akan menghancurkan negeri Islam itu sendiri meskipun negeri itu sangat kuat.

Sumber : www.panduanramadhan.com

Spread the love