Haruskah Saya Mencegah Orang yang Makan Di Bulan Ramadhan?

0
79

Sebagian orang berkata: apabila engkau melihat seorang muslim sedang minum atau makan dalam keadaan lupa di siang hari Ramadhan, maka tidak ada keharusan bagimu untuk mengabarkannya, karena sesungguhnya Allah lah yang memberikan makan dan minum kepadanya, sebagaimana disebutkan dalam hadits. Apakah hal ini benar?

Jawaban :

Barangsiapa yang melihat seseorang sedang minum atau makan di siang hari Ramadhan atau ia akan mengerjakan pembatal-pembatal puasa yang lain, maka ia wajib mengingkarinya. Karena menampakkan hal ini di bulan Ramadhan merupakan suatu kemungkaran, walaupun orang tersebut dimaafkan dalam perkara ini, agar manusia tidak berani (menggampangkan) memperlihatkan apa yang diharamkan oleh Allah; dalam hal ini pembatal-pembatal puasa di siang hari saat berpuasa dengan alasan lupa. Apabila orang yang menampakkan hal tersebut benar-benar lupa, maka tidak ada kewajiban qadha atasnya, berdasarkan sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam:

مَنْ نَسِيَ وَهُوَ صَائِمٌ فَأَكَلَ أَوْ شَرِبَ فَلْيُتِمَّ صَوْمَهُ فَإِنَّمَا أَطْعَمَهُ اللَّهُ وَسَقَاهُ

Artinya:

“Barangsiapa yang lupa sedangkan dia dalam keadaan berpuasa, kemudian ia makan atau minum, maka hendaklah ia menyempurnakan puasanya karena saat itu Allah yang memberi makan kepadanya dan memberi minum.(Muttafaqun ‘alaihi).

Begitupula bagi musafir, ia tidak boleh menampakkan perbuatannya berbuka (atau pembatal-pembatal puasa lainnya) di tengah orang-orang mukim yang tidak mengetahui keadaannya. Menjadi kewajibannya untuk menyembunyikan perbuatannya itu, agar ia tidak dituduh mengerjakan apa yang diharamkan oleh Allah kepadanya, dan juga agar orang lain tidak berani melakukan hal tersebut.

Begitupula orang-orang kafir, mereka dilarang untuk makan dan minum secara terang-terangan di tengah kaum muslimin. Itu untuk menutup pintu “menggampang-gampangkan” dalam masalah ini. Dan juga karena mereka dilarang menampakkan syi’ar-syi’ar agama mereka yang batil di tengah kaum muslimin.Wallaahu waliyyuttaufiq.

 

Link : https://islamqa.info/ar/23423

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here