Hukum Menghina Orang Lain Saat Sedang Berpuasa

0
105

Soal:

Apabila saya berpuasa, dan di tengah-tengah puasa, saya mencela seseorang atau berlaku buruk kepada seseorang, apakah puasaku ini menjadi batal? Saya ingin mengetahui jawabannya, karena teman-teman sering mencela dan berlaku buruk kepada orang-orang ketika berpuasa. Dan saya ingin mengabarkan kepada mereka, kenapa mereka harus menjauhi kemaksiatan seperti mencela dan yang lainnya.

Jawaban:

Mengerjakan suatu kemaksiatan di siang hari Ramadhan seperti menghina dan mencela tidak membatalkan puasa. Artinya hal tersebut tidak termasuk dalam pembatal puasa. Akan tetapi dapat mengurangi pahala puasa. Bahkan terkadang kemaksiatan ini pergi membawa semua pahala. Sehingga orang yang berpuasa tidak mendapat manfaat dari puasanya kecuali lapar dan haus.

Dan orang yang berpuasa akan diberi pahala dengan menjaga anggota tubuhnya dari kemaksiatan kepada Allah Ta’ala. Karena yang dimaksud dengan puasa bukan hanya sekedar menahan makan dan minum. Bahkan lebih dari itu, tujuan puasa adalah menahan dari kemaksiatan kepada Allah Ta’ala dan merealisasikan ketakwaan kepada Allah Ta’ala. Allah berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمْ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa.” (QS. Al-Baqarah: 183)

Nabi shallallaahu’alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالْجَهْلَ وَالْعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ لِلَّهِ حَاجَةٌ فِي أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ

“Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta, bersikap bodoh dan beramal dengannya. Maka Allah tidak butuh ia meninggalkan makan dan minumnya.” (Diriwayatkan oleh al-Bukhari no.1903 dan 6075)

Perkataan dusta mencakup seluruh perkataan yang diharamkan seperti: berbohong, mengguncing, mengadu domba, menghina dan mencela.

Nabi shallallaahu’alaihi wa sallam bersabda:

 إِذَا أَصْبَحَ أَحَدُكُمْ يَوْمًا صَائِمًا فَلا يَرْفُثْ ، وَلا يَجْهَلْ ، فَإِنْ امْرُؤٌ شَاتَمَهُ أَوْ قَاتَلَهُ فَلْيَقُلْ : إِنِّي صَائِمٌ إِنِّي صَائِمٌ

“Apabila salah seorang di antara kalian berpagi hari dalam keadaan berpuasa, maka janganlah ia berkata jorok dan janganlah ia bersikap bodoh. Apabila ada seseorang yang mencelanya atau memeranginya maka hendakalah ia mengatakan, sesungguhnya saya sedang berpuasa, sesungguhnya saya sedang berpuasa.” (Diriwayatkan oleh al-Bukhari no. 1894 dan  Muslim no. 1151)

Imam al-Nawawi rahimahullah berkata:

“Ketahuilah bahwa larangan orang puasa dari kata-kata jorok, perilaku bodoh, bertengkar dan saling menghardik tidak dikhususkan padanya. Sesungguhnya setiap orang pada dasarnya dilarang melakukan seperti itu. Akan tetapi bagi orang puasa lebih ditekankan lagi (untuk tidak melakukannya).”

Diriwayatkan oleh al-Hakim, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لَيْسَ الصِّيَامُ مِنَ الْأَكْلِ وَالشُّرْبِ، إِنَّمَا الصِّيَامُ مِنَ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ، فَإِنْ سَابَّكَ أَحَدٌ أَوْ جَهِلَ عَلَيْكَ، فَلْتَقُلْ: إِنِّي صَائِمٌ، إِنِّي صَائِمٌ

“Puasa bukanlah hanya sekedar (menahan diri dari) makan dan minum. Akan tetapi puasa (adalah menahan diri) dari perkataan sia-sia dan jorok. Apabila ada seseorang yang menghinamu atau berperilaku bodoh kepadamu, maka hendalaklah kamu mengatakan: “Sesungguhnya saya sedang berpuasa. Sesungguhnya saya sedang berpuasa.”

Dan diriwayatkan oleh Ibnu Majah (1690), dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu beliau berkata, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

رُبَّ صَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ صِيَامِهِ إِلا الْجُوعُ ، وَرُبَّ قَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ قِيَامِهِ إِلا السَّهَرُ

“Betapa banyaknya orang yang berpuasa, (akan tetapi) dia tidak mendapatkan (sesuatu) dari puasanya selain lapar, dan betapa banyaknya orang yang menunaikan sholat malam, (akan tetapi) dia tidak mendapatkan (sesuatu) dari shalat malamnya selain begadang.”

Link : https://islamqa.info/ar/37658

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here