Hukum Mengunyah Permen Karet Saat Puasa Bagi Penderita Sakit Tulang Rahang

0
32

Soal:

Orang tua saya mengeluhkan sakit tulang rahang. Dokter menyarankannya untuk mengunyah permen karet sebagai terapi latihan untuk fleksibilitas tulang rahang. Apakah boleh mengunyahnya saat puasa?

Jawaban:

Permen karet biasanya tidak bebas dari zat-zat campuran yang akan terperas saat dikunyah, lalu zat ini akan masuk ke lambung. Karenanya, terapi ini tidak boleh dilakukan saat sedang puasa. Pasti ada terapi khusus lainnya untuk melatih tulang rahang yang bisa menggantikan metode tersebut untuk siang hari. Adapun terapi kunyah permen karet yang dimaksud bisa dilakukan mulai setelah maghrib hingga sebelum terbit fajar saja.

Jika memang bisa ditemukan permen karet yang bebas dari zat campuran yang akan terpisah dan terperas saat dikunyah, maka permen jenis ini boleh digunakan, karena tidak akan membatalkan puasa. Sebab tidak ada unsur zatnya yang akan masuk ke lambung. Namun meski begitu, orang tua anda perlu diberitahu agar tidak mengunyah permen tanpa perasa ini di tengah khalayak. Sebab, mungkin mereka yang tidak tahu-menahu tentang kedaan dan udzurnya bisa jadi menuduh beliau yang bukan-bukan dalam masalah agama.

Jika tidak ditemukan permen karet jenis ini, atau penggunaan terapi mengunyah ini memang harus dilakukan di siang hari, meskipun dengan permen karet yang biasa ada di pasaran. Yang mana jika terapi itu tidak diaplikasikan segera maka akan menyebabkan proses penyembuhannya tertunda, atau sakitnya bertambah parah, maka beliau boleh meninggalkan puasa di bulan Ramadhan, namun harus mengqadha’ hari-hari yang beliau tinggalkan itu nanti di luar bulan Ramadhan. Hal ini berdasarkan kalam Allah Ta’ala,

وَمَنْ كَانَ مَرِيضاً أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ

Dan siapa saja yang tengah sakit atau sedang melakukan perjalanan jauh maka hendaknya mengganti sejumlah (hari yagn dia tinggalkan) itu (untuk dilaksanakan puasa) pada hari-hari lainnya.” (al-Baqarah (2):185)

Wallahu a’lam.

 

Sumber: https://islamqa.info/ar/38552

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here